10 teknik pengobatan estetika terbaik: pahlawan zaman kita

peremajaan kulit wajah yang estetis

Setiap tahun, American Society of Aesthetic and Plastic Surgery (ASAPS), salah satu asosiasi profesional yang paling dihormati, menerbitkan statistik mengenai permintaan akan layanan. Pada tahun 2016, bidang terpopuler dalam tata rias non-bedah meliputi teknik injeksi dan laser: terapi botulinum, suntikan asam hialuronat, laser hair removal, pelapisan ulang kulit dengan laser, serta fotorejuvenasi, mikrodermabrasi, dan lain-lain.

Dalam artikel kami, kami akan berbicara tentang metode "pengobatan kecantikan" yang paling populer.

Teknik injeksi dalam tata rias

Suntikan sangat populer terutama karena memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa intervensi bedah. Jenis suntikan bervariasi tergantung pada kedalaman pelaksanaannya: dari lapisan permukaan kulit hingga lapisan otot dalam. Durasi efeknya juga bervariasi: dari beberapa minggu hingga beberapa tahun.

Mari kita jelaskan teknik injeksi utama yang digunakan saat ini dalam tata rias.

Terapi botulinum

Inilah pengenalan obat berbahan toksin botulinum yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Tindakannya menghalangi transmisi sinyal saraf ke otot, sehingga otot menjadi rileks. Awalnya, terapi toksin botulinum digunakan untuk mengobati gangguan yang berhubungan dengan kejang, seperti tics, dan kemudian mulai digunakan untuk menghaluskan kerutan.

Indikasi penggunaan toksin botulinum dalam tata rias adalah kerutan wajah - di sudut dan sekitar mata, di dahi, di sudut mulut, lipatan nasolabial, serta perubahan bentuk oval wajah. Kerutan dengan kedalaman sedang dihaluskan dengan bantuan toksin botulinum, membalikkan sejumlah perubahan terkait usia.

Prosedur ini tidak dilakukan jika pasien menderita penyakit kulit inflamasi, gangguan pendarahan, atau telah diobati dengan antibiotik dan antikoagulan. Kontraindikasi juga termasuk gagal ginjal atau hati, intoleransi individu terhadap obat toksin botulinum, dan paresis otot wajah. Suntikan tidak diberikan kepada wanita selama kehamilan dan menyusui. Dokter memperlakukan pasien dengan hati-hati yang memiliki kecenderungan menghadapi pembengkakan, hernia kelopak mata, dan kecelakaan serebrovaskular.

Persiapan untuk prosedur ini tidak memerlukan batasan yang serius: disarankan untuk menghindari aktivitas fisik dan tidak minum alkohol. Suntikan menggunakan jarum halus biasanya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Dokter dapat melakukan hingga 25 suntikan di satu area wajah selama prosedur berlangsung. Ini membutuhkan waktu 10–15 menit. Efeknya dapat dinilai setelah 2 minggu. Kerutan dihaluskan karena relaksasi otot, tetapi dengan suntikan yang dilakukan secara profesional, ekspresi wajah dan ekspresi wajah tetap terjaga.

Hasil terapi botulinum bersifat reversibel, efeknya bertahan 3 hingga 6 bulan. Setelah itu, mobilitas otot-otot wajah kembali sepenuhnya.

Pada sebuah catatan

Satu unit aksi sama dengan 3 × 107 molekul toksin botulinum. Dosis (jumlah unit tindakan) ditentukan oleh ahli kosmetik. Rata-rata kita berbicara tentang angka-angka berikut:

  • area dahi - 20–30 unit;
  • dagu - hingga 10 unit;
  • area sekitar mata - 24 unit;
  • hidung dan pangkal hidung - 10 unit.

Plastik kontur

Selama prosedur, dokter menggunakan bahan pengisi khusus (filler) untuk memperbaiki kerutan, kontur wajah, dan area individualnya. Suntikan modern dalam tata rias dilakukan dengan menggunakan pengisi, yang memungkinkan untuk mencapai apa yang disebut efek pemodelan 3D sambil mempertahankan semua fitur wajah.

Pada sebuah catatan
Kebanyakan pengisi modern dibuat berdasarkan asam hialuronat. Ini adalah bagian dari zat antar sel dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan air jaringan dan memulihkannya jika terjadi kerusakan. Suntikan asam hialuronat tidak hanya membantu melembabkan jaringan, tetapi juga merangsang produksi protein kerangka tubuh sendiri - kolagen dan elastin.

Indikasi operasi plastik kontur antara lain kerutan, lipatan, dan wajah oval tidak jelas. Kontraindikasi: kanker, diabetes, penyakit jaringan ikat, penyakit kulit, gangguan pembekuan darah, kehamilan dan menyusui, intoleransi individu.

Operasi plastik kontur tidak memerlukan persiapan khusus. Sejumlah obat mengandung obat bius, jika tidak, dokter mungkin akan memberikan bius lokal. Setelah pembentukan kontur, pembengkakan, memar, dan indurasi mungkin terjadi di area suntikan, yang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Efek contouring bisa bertahan hingga dua tahun.

Penguatan biologis

Asam hialuronat telah diterapkan dalam bioreinforcement, prosedur khusus yang menghasilkan pembentukan "kerangka internal" wajah. Jika kulit pasien sudah kehilangan warna, terlihat lembek, kusam, terdapat kerutan halus dan tanda ptosis, maka dokter akan menyuntikkan obat di sepanjang "garis kendur" yang menjaga warna kulit dari dalam. Dalam hal ini, dokter dapat memprediksi dengan tepat bagaimana kerutan akan terbentuk dan, dengan memperkenalkan sediaan asam hialuronat, mencegah terjadinya kerutan.

Biorevitalisasi

Suntikan juga diindikasikan untuk melembabkan dan menjenuhkan kulit pada area tertentu dengan nutrisi. Dalam hal ini kita berbicara tentang prosedur biorevitalisasi. Dengan bantuannya Anda dapat memperbaiki kondisi kulit tangan, décolleté, leher, dan wajah Anda.

Suntikan dikontraindikasikan jika pasien memiliki penyakit kulit inflamasi atau alergi terhadap komponen obat. Masa kehamilan, menyusui, serta eksaserbasi penyakit somatik juga menjadi kendala baik biorevitalisasi maupun bioreinforcement.

Tidak diperlukan persiapan khusus sebelum pemberian asam hialuronat. Sedikit kemerahan pada kulit setelah biorevitalisasi hilang dalam beberapa jam. Efeknya bertahan hingga 12 bulan. Biorevitalisasi biasanya dilakukan setiap 1-2 bulan sekali.

Pengangkatan vektor

Untuk mengencangkan kulit di area tertentu (misalnya di tulang pipi, dagu), dokter menggunakan vector lift. Mirip dengan bioreinforcement, hanya obat yang disuntikkan sepanjang beberapa garis paralel searah dengan pengangkatan yang diinginkan.

Untuk pengangkatan vektor digunakan preparat asam hialuronat dan kalsium hidroksiapatit. Pilihan yang mendukung yang terakhir dibuat jika diperlukan pengangkatan area yang rentan terhadap pembengkakan. Waktu resorpsi obat ini lebih lama dibandingkan asam hialuronat - hingga 3 tahun.

Pengangkatan plasma

Inti dari teknik ini adalah memberikan pasien plasma darahnya sendiri yang mengandung trombosit. Plasma mengandung banyak komponen aktif biologis yang merangsang pertumbuhan sel, berpartisipasi dalam metabolisme, dan yang terpenting, plasma darahnya sendiri bukanlah zat asing bagi tubuh. Artinya tidak ditolak dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Plasmolifting meningkatkan mikrosirkulasi di kulit, menormalkan keseimbangan air, dan memperkuat kekebalan lokal. Prosedur ini dilakukan jika pasien mulai mengalami kerutan halus, tanda awal penuaan, hingga memulihkan kesehatan kulit (misalnya setelah terbakar sinar matahari). Plasmolifting juga dapat meningkatkan efek prosedur kosmetik lainnya.

Plasmolifting juga memiliki sejumlah kontraindikasi, meski sedikit:

  • penyakit onkologis, hepatitis, penyakit darah;
  • kehamilan dan menyusui;
  • penyakit kulit menular dan inflamasi;
  • eksaserbasi penyakit kronis, infeksi akut.

Untuk melakukan pengangkatan plasma, 20-40 ml darah diambil dari vena pasien. Selanjutnya disentrifugasi dengan mode khusus untuk mendapatkan fraksi plasma dengan kandungan trombosit yang tinggi. Kemudian dokter menyuntikkan fraksi yang dihasilkan secara intradermal ke dalam mikropapula di seluruh area perawatan. Kursus standar mencakup 4 sesi dengan interval 7-14 hari, dan efeknya bisa bertahan hingga dua tahun. Namun, dianjurkan untuk mengulang kursus setahun sekali.

Mesoterapi

Pemberian obat melalui mikroinjeksi langsung ke kulit untuk memperbaiki khasiatnya. Mesoterapi digunakan untuk tambahan menutrisi dan melembabkan kulit serta mencegah penuaan. Ini juga digunakan untuk melawan stretch mark dan merangsang pertumbuhan dan vitalitas rambut. Untuk suntikan, Anda tidak hanya dapat menggunakan obat tunggal, tetapi juga koktail mesoterapi yang memiliki efek kompleks. Dengan pemberian yang dangkal, biorevitalisasi dan pengangkatan plasma juga dianggap sebagai pilihan mesoterapi.

Untuk perawatan area yang luas, dokter menggunakan alat khusus - injektor. Kebutuhan anestesi ditentukan oleh sensitivitas individu pasien.

Teknik injeksi menarik terutama bagi pasien yang takut akan pembedahan. Namun perlu diingat bahwa reaksi individu terhadap suatu obat selalu mungkin terjadi, yang sulit diprediksi sebelumnya. Selain itu, suntikan membawa risiko pembentukan hematoma, perubahan warna kulit, fibrosis - pembentukan segel di tempat suntikan. Semua risiko ini harus didiskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Seperti yang ditunjukkan statistik. . .
. . . wanita dalam kelompok usia 35 hingga 64 tahun merupakan 60% dari semua orang yang mencari bantuan dari ahli kosmetik.

Teknologi laser dalam pengobatan estetika

Inti dari paparan laser dapat dipahami dengan menguraikan singkatan LASER - Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation - "amplifikasi cahaya menggunakan radiasi terstimulasi. "Artinya, laser adalah perangkat yang "memusatkan" radiasi elektromagnetik menjadi sinar terarah yang sangat kuat. Berkat inilah sinar laser dapat ditargetkan, akurat, dan berdenyut.

Penggunaan laser dalam tata rias dimungkinkan di beberapa bidang.

Peremajaan laser

Teknik ini didasarkan pada pemanasan kulit dengan sinar. Efek ini bersifat jangka pendek, artinya tidak menimbulkan kerusakan serius. Namun, itu cukup menimbulkan peradangan sebagai responsnya. Hasilnya, produksi kolagen dirangsang di kulit, dan merupakan protein struktural yang memberikan elastisitas dan warna. Dengan efek ini, kerutan "didorong" ke luar.

Indikasi peremajaan laser adalah kerutan halus, jaringan pembuluh darah terlihat, pori-pori membesar, ptosis jaringan lunak, gangguan kontur wajah, adanya bekas luka pada kulit, pasca jerawat, dagu ganda, pigmentasi berlebih. Prosedur ini dikontraindikasikan jika pasien mengalami peradangan dan tumor di area perawatan, psoriasis, atau penyakit kulit. Peremajaan laser tidak dilakukan selama kehamilan atau jika pasien memiliki kulit kecokelatan yang kuat. Prosedurnya memerlukan perhatian khusus pada pasien diabetes mellitus, hipertensi, angina pektoris, pada pasien dengan penyakit darah, dll.

Peremajaan laser mendalam tidak memerlukan persiapan khusus dan dilakukan tanpa anestesi. Untuk mendapatkan efek yang bertahan lama, Anda perlu melakukan 3-4 prosedur dengan interval satu bulan.

Fototermolisis fraksional

Kerutan, bintik-bintik penuaan, pori-pori membesar, bekas luka pada kulit, keriput, stretch mark, cacat pembuluh darah kecil - semua masalah ini dapat diatasi jika Anda menjalani prosedur fototermolisis fraksional.

Ini juga merupakan teknologi laser untuk pengobatan estetika, namun disini pancarannya memiliki ciri khas tersendiri. Ia terbagi menjadi beberapa mikrobeam (fraksi), yang masing-masing tidak lebih tebal dari rambut manusia. Semuanya mempengaruhi area mikroskopis kulit, dan dengan demikian diperoleh semacam perawatan "mesh" - area yang terkena sinar laser bergantian dengan area yang tidak terpengaruh. Di area yang dirawat, kolagen dan elastin dihancurkan, dan di sel utuh yang tersisa, proses pemulihan "kerugian" diluncurkan. Ini memperbaharui kulit, meningkatkan elastisitas, mengencangkan, dan memperbaiki penampilan.

Fototermolisis fraksional adalah prosedur yang dapat dilakukan bahkan pada area sensitif di wajah, seperti kelopak mata. Kontraindikasinya adalah kehamilan, kanker, diabetes, penyakit menular atau penyakit kulit pada stadium akut.

Pemulihan setelah fototermolisis fraksional terjadi dengan cepat, secara harfiah dalam waktu seminggu, dan lapisan basal epidermis kembali normal pada hari pertama. Untuk membuat efeknya lebih terasa, dokter menyarankan untuk menghadiri 3-4 sesi dengan interval satu bulan.

Jika sensitivitas meningkat, pasien menjalani prosedur menggunakan gel anestesi, tetapi dalam banyak kasus hal ini dapat dihindari.

pengangkatan SMAS

Singkatan bahasa Inggris SMAS - sistem otot-aponeurotik superfisial - adalah singkatan dari "lapisan otot-aponeurotik subkutan". Itu dibentuk oleh otot dan ligamen. Mengangkat lapisan ini memungkinkan Anda mencapai hasil yang baik. Artinya, dengan mengencangkan kulit, kita melawan kerutan di permukaan, dan dengan bertindak berdasarkan SMAS, kita menghaluskan lipatan yang lebih dalam.

Pengangkatan SMAS dilakukan dengan menggunakan mesin ultrasound. Dengan memanaskan lapisan dalam kulit dan otot, gelombang ultrasonik menyebabkan kontraksi dan mengaktifkan produksi protein struktural. Percepatan proses metabolisme menyebabkan peningkatan penampilan.

Seringkali, pengangkatan SMAS direkomendasikan kepada pasien yang karena satu dan lain hal tidak ingin menjalani operasi pengangkatan. Pasien kategori kedua yang cocok untuk pengangkatan SMAS adalah mereka yang telah menjalani operasi pengangkatan dan ingin memperpanjang hasilnya.

Selama prosedur, dengan menggunakan ultrasound, ahli kosmetik "melihat" lapisan dalam dan menilai kondisi otot dan fasia. Oleh karena itu, efek terapeutik USG energi diarahkan oleh dokter hingga kedalaman yang diperlukan pada otot, fasia, dan ligamen yang diinginkan.

Pengangkatan SMAS tidak memerlukan persiapan khusus. Prosedurnya cukup menyakitkan, mengonsumsi analgesik memungkinkan Anda menahannya dengan nyaman. Efeknya terlihat sebagian segera setelah prosedur, dan hasil pengangkatan dapat dinilai sepenuhnya setelah tiga bulan.

Teknik injeksi dalam tata rias dan tata rias estetika laser dapat memecahkan banyak masalah yang beberapa tahun lalu memerlukan pembedahan. Memperpanjang masa muda bukan hanya dambaan para wanita, saat ini baik generasi muda maupun pria yang sebelumnya jarang mengunjungi klinik tata rias beralih ke jasa ahli kosmetik. Dan kemampuan untuk menyelesaikan banyak masalah tanpa intervensi bedah, tentu saja membuat pengobatan estetika semakin menarik dan diminati.

Bagaimana memilih klinik tata rias

Mungkin setiap pengunjung pusat kecantikan akan mengatakan bahwa salah satu poin penting dalam memilih klinik "Anda" dan dokter "Anda" adalah pendekatan individual, yang diterapkan (atau tidak diterapkan) oleh seorang spesialis. Seorang ahli kosmetik akan memberi tahu Anda tentang nuansa menggabungkan pendekatan pribadi dan objektif:

"Bekerja di bidang tata rias, kami tidak bisa bertindak hanya berdasarkan preferensi dan pertimbangan kami sendiri. Kita harus memperhitungkan ekspektasi pasien, suasana hatinya, termasuk keraguan dan ketakutannya. Di sini pengalaman para spesialis memainkan peran yang menentukan. Misalnya, klinik Gradient mempekerjakan ahli kosmetik dengan pendidikan kedokteran tinggi, spesialisasi di bidang kedokteran estetika, dan juga terlatih dalam teknik modern. Hal ini memungkinkan untuk melihat permasalahan secara lebih luas.

Dan kita tidak bisa tidak menyebutkan pentingnya peralatan modern. Pabrikan bergerak menuju peningkatan perangkat, dan klinik, serta pasien sendiri, tentu saja memperhatikan hal ini. "

Pengobatan estetika dan tata rias memungkinkan untuk memperbaiki banyak ketidaksempurnaan penampilan, seperti kerutan, bekas luka, jerawat, sehingga memperbaiki penampilan dan memperpanjang usia muda.

Kerutan ekspresi yang menunjukkan usia dapat dihilangkan dengan menggunakan prosedur kosmetik seperti pembentukan wajah intradermal.

Teknologi modern dalam pengobatan membantu memecahkan banyak masalah kosmetik tanpa menggunakan tindakan radikal.

Biaya prosedur kosmetik tergantung pada kompleksitas tugas, area koreksi dan jumlah pekerjaan.

Anda dapat mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki pada konsultasi awal dengan ahli kecantikan.