Peremajaan laser pecahan

prosedur peremajaan kulit fraksional

Peremajaan laser pecahan adalah salah satu jenis prosedur kosmetik yang paling efektif untuk memerangi perubahan kulit terkait usia.

Berkat prosedur ini, Anda dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan yang jelas tanpa operasi.

Metode ini memiliki karakteristik, indikasi, dan kontraindikasi tersendiri.

Sebelum melakukan prosedur, ada baiknya berkonsultasi dengan spesialis.

Deskripsi

Peremajaan wajah dengan laser fraksional adalah teknik terapi peralatan modern, yang memungkinkan tidak hanya memulihkan, tetapi juga menyembuhkan kulit.

Berkat aksi sinar laser, dimungkinkan untuk bekerja pada lapisan dermal yang dangkal dan dalam. Ketika aliran panas diterapkan, aktivasi proses regeneratif pada tingkat sel dicatat.

Selama prosedur, mata pasien dipasang kacamata khusus.

Mereka dibutuhkan agar kilatan cahaya selama operasi laser tidak merusak retina. Lebih baik tutup mata di bawah kacamata.

Untuk melakukan manipulasi, spesialis menggunakan perangkat laser yang dilengkapi dengan fotosel, yang secara langsung terlibat dalam pembentukan susunan laser.

Akibat penetrasi sinar bersuhu tinggi, sebagian sel menguap, dan terjadi kerusakan ringan pada kulit.

Bagian yang tidak terpengaruh dari struktur seluler mengalami pembelahan yang cepat, yang berkontribusi pada penyembuhan kerusakan mikro dalam waktu sesingkat mungkin. Ini, pada gilirannya, berkontribusi pada terciptanya efek pengangkatan yang terlihat dengan mata telanjang.

Penting!Selain itu, saat terkena sinar laser, proses regenerasi, produksi alami serat kolagen dan elastin, dipicu. Ada juga peningkatan sirkulasi mikro pada sistem limfatik dan peredaran darah.

Berkat proses tersebut, epidermis diremajakan, keriput tiruan dihaluskan, dan kerutan yang lebih dalam menjadi kurang terlihat.

Jenis

Bergantung pada kedalaman paparan, peremajaan kulit dengan laser fraksional dibagi menjadi dua metode.

Ablatif

Dengan teknik ini, sinar laser hanya menyentuh lapisan permukaan kulit secara eksklusif, yang membantu menghilangkan tanda-tanda perubahan terkait usia secara langsung dari luar. Taktik ini banyak digunakan untuk menghilangkan kerutan halus yang baru saja mulai muncul.

Perlu dicatat bahwa metode peremajaan ini tidak berbeda dalam durasi hasil yang diperoleh. Untuk mempertahankan efek yang didapat, prosedur harus dilakukan secara rutin.

Non-ablatif

Laser berdampak pada lapisan kulit dalam. Dalam kasus ini, bagian atas kulit tetap tidak terpengaruh. Dalam hal ini, ada pembaruan dari dalam, yang memungkinkan Anda menyimpan hasil untuk jangka waktu yang lama.

Penting!Sebagai hasil dari penggunaan teknik peremajaan ini, sejumlah besar elastin dan kolagen diproduksi, yang berkontribusi pada peningkatan elastisitas kulit dalam waktu singkat.

Jika kita mempertimbangkan jenis laser yang digunakan, maka peremajaan fraksional dapat dilakukan sebagai berikut.

CO2

Panjang gelombangnya adalah 10, 6 mikron. Titik kerusakan sel epidermis yang tidak diinginkan dicatat. Berkat radiasi ini, air di jaringan memanas dengan cepat.

Dengan latar belakang penguapannya, struktur seluler zona pemutihan dihancurkan. Di saat yang sama, integritas kulit di sekitar area ini tidak terganggu. Dengan metode ini, area yang rusak dipulihkan karena sel-sel hidup sehat yang berada di dekatnya.

DOT

Teknik ini menggunakan laser karbondioksida yang panjang gelombangnya tidak melebihi 10, 6 mikron. Penghancuran struktur yang tidak diinginkan terjadi secara selektif. Dalam hal ini, perlu diperhitungkan saat bahwa area yang rusak bergantian dengan yang berfungsi normal. Akibatnya, terbentuklah semacam kisi-kisi.

Indikasi

Biasanya, pada usia yang lebih dewasa, proses metabolisme melambat, kulit menerima lebih sedikit nutrisi dan akibatnya menjadi lembek dan kendor. Selain itu, dengan latar belakang atrofi bertahap dari struktur vaskular dan seluler, jerat keriput mulai muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut, para ahli merekomendasikan penggunaan peremajaan kulit wajah dengan laser fraksional.

Namun, prosedur ini diindikasikan tidak hanya untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan, tetapi juga untuk menghilangkan kondisi seperti:

  • stretch mark di area wajah;
  • jaringan parut;
  • pembentukan jaringan vaskular yang diucapkan;
  • pori-pori membesar;
  • pigmentasi;
  • efek jerawat;
  • kerutan dangkal dan meniru.

Selain itu, teknik ini dianggap sebagai alternatif operasi pengencangan kulit.

Kontraindikasi

Laser pecahan memiliki batasan tertentu, di mana manipulasi tidak dapat dilakukan. Kontraindikasi semacam itu termasuk kondisi patologis berikut:

  • proses inflamasi di area wajah;
  • lesi pada epidermis yang berasal dari jamur atau infeksi;
  • riwayat kejang epilepsi;
  • penyakit kardiovaskular;
  • peningkatan kekeringan pada kulit;
  • flebeurisme;
  • neoplasma ganas;
  • patologi herpes yang memburuk;
  • kecenderungan untuk mengembangkan reaksi alergi;
  • mendiagnosis asma bronkial;
  • penyakit saraf.

Selain itu, penggunaan teknik semacam itu dilarang selama masa melahirkan dan menyusui.

Perlu dicatat bahwa batasan yang terdaftar bersifat kondisional. Dengan kata lain, jika ada satu atau lebih dari risiko tersebut, spesialis harus menilai semua risiko yang mungkin dihadapi klien.

Latihan

Agar prosedur kosmetik menjadi sesukses mungkin dan dengan komplikasi minimal, Anda harus mempersiapkannya dengan benar.

Senang mendengarnya!Pertama-tama, Anda perlu mengunjungi ahli kecantikan yang akan menilai kondisi kulit wajah, mengecualikan kemungkinan kontraindikasi, dan juga memberikan rekomendasi tertentu.

Selama 3-4 minggu, Anda harus meninggalkan bak mandi, sauna, dan solarium. Dilarang dan kecokelatan di bawah sinar matahari terbuka. Sebelum pergi keluar, krim pelindung khusus harus dioleskan ke wajah Anda.

Yang tidak kalah pentingnya adalah penolakan minum obat tertentu, khususnya antibiotik dan obat yang ditujukan untuk mengencerkan cairan darah. Dalam kasus ini, dokter akan menyarankan Anda untuk mulai minum obat dari golongan antiherpetik.

Tidak ada prosedur lain yang melukai epidermis yang harus dilakukan 14 hari sebelum tanggal peremajaan fraksional yang diharapkan.

Melakukan

Proses peremajaan kulit wajah dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, spesialis mempersiapkan kulit untuk manipulasi lebih lanjut. Untuk ini, permukaan epidermis dibersihkan dari sisa-sisa kosmetik dekoratif, kotoran, debu, dan sebum. Setelah itu, integumen diolah dengan antiseptik.

Penting!Selanjutnya, krim dengan efek anestesi diterapkan, yang harus disimpan selama 40-60 menit.

Setelah tindakan anestesi, gel kontak didistribusikan ke seluruh permukaan wajah, yang berkontribusi pada gerakan sensor yang mulus dan seragam.

Pemrosesan dilakukan dengan ujung peralatan dalam garis lurus ke arah yang berbeda. Lampiran dapat dalam berbagai ukuran. Satu lintasan memungkinkan Anda memproses hingga dua sentimeter persegi dari area soal.

Pada tahap akhir, ahli kecantikan menghilangkan sisa-sisa gel kontak dan mengoleskan krim yang menenangkan.

Dalam hal durasi, rata-rata satu sesi tidak lebih dari 20 menit. Prosedur selanjutnya bisa dilakukan paling awal dalam 21-30 hari.

Perawatan setelah

Dalam beberapa hari pertama, kulit harus dirawat dengan salep khusus berdasarkan panthenol. Hasilnya, kerusakan mikro akan sembuh lebih cepat. Ke depannya, Anda bisa beralih ke pelembab yang mengandung hyaluronic acid.

Senang mendengarnya!Sebaiknya gunakan air hangat untuk membasuh muka selama 14 hari. Agar kulit tidak terkena efek panas yang kuat, Anda harus menolak mengunjungi sauna dan pemandian untuk periode yang sama.

Anda juga harus keluar setelah mengoleskan tabir surya dengan tingkat SPF minimal 50. Hal ini akan mencegah munculnya pigmentasi.

Kemungkinan konsekuensi dan komplikasi

Peremajaan laser pecahan dapat disertai dengan efek samping. Sebagai aturan, dalam banyak kasus, kondisi seperti itu adalah norma dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Konsekuensi paling umum termasuk terjadinya sindrom nyeri yang diucapkan di tempat-tempat terpapar sinar laser. Selain itu, munculnya kemerahan, bengkak, mengelupas, bekas luka, dan bintik-bintik penuaan tidak dikecualikan.

Senang mendengarnya!Seringkali, setelah prosedur, reaksi alergi terjadi, disertai rasa gatal dan perih. Hal ini menunjukkan bahwa pasien memiliki intoleransi terhadap komponen tertentu yang terdapat dalam komposisi obat yang digunakan.

Akibat pelepasan getah bening, kerak mulai terbentuk di permukaan. Dalam hal apa pun Anda tidak boleh mencoba menghilangkannya sendiri, yang dapat menyebabkan peningkatan periode pemulihan.

Saat hasil akhirnya terlihat

Diperlukan waktu sekitar 6 bulan untuk memperbarui kulit sepenuhnya, setelah itu efek yang diinginkan dapat terlihat. Hasil yang diperoleh rata-rata bertahan selama 5 tahun.

Keuntungan dan kerugian

Jika kita berbicara tentang aspek positif dari prosedur ini, maka pertama-tama perlu diperhatikan saat peremajaan laser fraksional cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, di antara kelebihannya, ahli kosmetik memilih periode pemulihan singkat, pelestarian jangka panjang dari efek yang diperoleh, kemampuan untuk menyelesaikan sebagian besar masalah yang terkait dengan perubahan terkait usia.

Penting!Kerugiannya antara lain biaya tinggi, adanya rasa sakit, sejumlah kontraindikasi, serta risiko efek samping dan komplikasi.

Peremajaan kulit wajah dengan laser pecahan adalah prosedur kosmetik yang sangat efektif yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan prosedur anti-penuaan serupa lainnya. Namun, jangan lupa bahwa metode ini tidak cocok untuk semua orang dan memiliki sejumlah keterbatasan. Karena itu, sebelum memutuskan penggunaannya, Anda perlu mendapatkan saran dari spesialis. Selain itu, untuk mengurangi kemungkinan konsekuensi, Anda hanya perlu menghubungi klinik yang terbukti.